Memperbaiki Windows XP Yang Rusak


error

error

Ada kalanya sistem operasi windows XP/2000 kita tak bisa booting atau menampilkan pesan galat (error) sehingga memaksa kita untuk menginstal ulang, hal ini sebenarnya banyak penyebabnya bisa dari mulai registry yang rusak, pengaruh virus yang menghacurkan setingan sistem operasi, hingga kesalahan penggunaan atau karena hardware incompatible (bisanya karena memasang perangkat hardware baru yang tak kompatible dengan sistem operasi). Pesan galat yang mucul bisa dalam bentuk BSOD (Blue Screen Of the Dead-biasanya paling sering muncul di windows 9x/ME) atau pesan galat lain yang membuat sistem PC kita melempem atau sulit untuk loading hingga memakan waktu lama sekali atau bahkan selalu meminta untuk masuk ke dalam safe mode. Hal ini tentu saja sangat menjengkelkan kita bagi penguna PC aktif. Mungkin dari kita ada yang berusaha untuk menginstall ulang dengan cara clean install tapi permasalahannya clean install ini biasanya hanya akan benar-benar mantap apabila kita memformat terlebih dahulu hardisk yang ada di PC kita khususnya drive sistem (biasanya drive C) tapi masalahnya dengan melakukan clean install dan memformat hardisk dapat menghapus data penting dan setingan sistem kita yang sudah baku, menghilangkan banyak aplikasi yang telah terpasang, khususnya aplikasi yang berbayar tentu saja akan musnah dengan sekejap mata apalagi jika hardisk kita tidak dipartisi dan kita juga menyimpan data di drive yang sama yang digunakan untuk sistem, atau bahkan diperparah dengan penggunaan file sistem NTFS yang memang sulit untuk diakses tanpa adanya sistem operasi yang kompatibel dan terpasang dengan baik. Lalu bagaimana cara yang terbaik sehingga settingan dan aplikasi kita tetap terpasang sementara sistem operasi bisa sehat kembali ……?

Baiklah di bawah ini aku coba memberikan penjelasan untuk melakukan perbaikan windows tanpa install ulang yakni dengan cara merepair menggunakan CD installasi Windows XP/windows 2000.
Hal yang harus diperhatikan di sini adalah kita sebagai pengguna PC sebisa mungkin harus mengetahui apa penyebab PC kita Error sehingga jika kita tahu bahwa errornya itu masih sangat mungkin diperbaiki melalui safe mode namun jika hal ini gagal maka silahkan untuk merepair dengan CD installasi. Keuntungan yang didapat dengan cara ini adalah:

  • Membuat Windows dapat loading dengan benar jika ada permasalah driver, masalah software atau registry yang menghambat windows booting sehingga memunculkan layar biru dengan pesan galat, hang, dll…
  • Dapat memperbaiki dan mengganti komponen windows yang rusak
  • Mengizinkan drive baru terpasang pada PC lain atau motherboard yang mempunyai chpset berbeda
  • Dapat mengkonfigurasi dan memasang sistem operasi pada motherboard baru atau pada hardware yang diganti atau di update yang mungkin sebelumnya belum bisa PnP (plug n Play)

Bagaimana caranya?

  1. Pindai atau scan drive anda menggunakan software pihak ke tiga sebelum mencoba merepair apabila sistem dapat masuk ke safe mode untuk memeriksa apakah hardisk anda masih bagus (softwarenya silahkan cari di sini).
  2. Test memory anda menggunakan memory tester sebab bisa ada kemungkinan kerusakan ada pada memory ( silakan download softwarenya di sini)
  3. Pastikan bios di set terlebih dahulu baik tanggal maupun booting sequences (urutan booting pertama) pada CD ROM.
  4. Pastikan CD repairer versinya sama persis dengan yang terinstal misalnya jika sistem yang terpasang adalah windows XP profesional maka harus direpair juga menggunakan CD windows XP Professional bukan dengan Home Edition.
  5. Ketika Loading dari CD repairer sudah dimulai maka akan muncul perintah-perintah pada bluescreen jika sistem memrintahkan untuk menekan tombol F6 maka kita harus yakin apakah PC kita menggunakan RAID,SCSI atau ATA yang tak disupport maka kita perlu menyediakan sebuah conroller driver pada sebuah disket untuk mensupportnya, dan untuk kasus ini kita perlu menekan F6, namun kebanyakan pengguna membiarkannya tanpa menekan F6, aku juga menyarankan untuk mengabaikan memijit tombol ini kecuali kasusnya seperti disebutkan diatas.
  6. Sesaat kemudian kita akan dipertemukan dengan “Windows Setup”, dan sistem akan menanyakan apakah kita akan memilih setup windows atau repair windows with recovery console. Pilihlah pilihan pertama,bukan recovery console.
  7. Enter pada setup windows
  8. Tekan F8 untuk menyataka setuju dengan EULA
  9. Tunggu sesaat dan apabila installasi terdahulu sudah dikenali maka tekan tombol R
  10. Siapkan CD key yang ada pada kotak CD Windows biarkan Windows memasang sendiri komponen-komponennya hingga selesai dan ketika meminita CD key maka silakan isikan dengan benar.
  11. Setelah selesai merestart maka windows anda akan kembali seperti settingan semula dengan kondisi yang sehat.

Selamat mencoba…………………..

About these ads

5 Balasan ke Memperbaiki Windows XP Yang Rusak

  1. anjink timur mengatakan:

    tak coba ya bozzz??
    ntar tak kasih tau lewat sms..he……

  2. holil mengatakan:

    mantap gan..

  3. arfa mengatakan:

    aq sering nemuin nya di acer pico nih, ber usaha gak di instal ulang soalnya winows bawaan nya kan home, na punya ku bajakan prof,,… gimanana nih bantu in aq dong

  4. budget bali villas mengatakan:

    thanks for info .kebetulan PC dirumah saya lagi rusak.jadi saya ingin mencoba memperbaiki sendiri.

  5. andi mengatakan:

    mksh infonya.tp wind beda kode gmn.apakah akan tetep suport.ada 2 key di windnya
    .mksh mohon pencerahanya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: