Epson LQ-2180 Driver for Linux


lq2180

Ini adalah sesuatu yang pretty simple, tapi bikin confuse. Sebagian besar printer dot matrik di kantor-kantor di Indonesia adalah Epson dengan berbagai variannya dan salah satu yang banyak digunakan adalah tipe 2180. Driver Linux di website resmi Epson tidak disediakan jadi mesti mencari driver dari sumber lain. Ada beberapa driver native untuk Redhat & Fedora tapi cara yang lebih simple adalah menggunakan driver PPD (yang bus kota itu lho …). Download driver untuk LQ-2180 dari http://www.cups.org/ppd/epson/en/eplq2180.ppd.gz

Kemudian rename menjadi file berekstension PPD (ekstension gz-nya fake, kira-in file gzip ). Saat install, pilih Others pada pilihan Modify Printer Selection dan pilih file berekstension PPD tadi. Untuk driver printer lain bisa browsing http://www.cups.org/ Driver printer untuk Linux memang banyak yang mesti diperjuangkan. Canon adalah salah satu vendor printer yang tiada dukungan driver untuk Linux, padahal merknya cukup populer di Indonesia. Apa iya batal migrasi hanya gara-gara tidak ada driver printer ? Mungkin ada baiknya nggak usah beli product dari vendor yang masih menganaktirikan Linux. Ada yang bilang, alasannya terlalu banyak distro sehingga sulit bagi vendor membat driver standar. Alasan yang mengada-ngada saya kira. Toh vendor lain santai-santai saja memberikan support driver untuk product mereka.

Nb : thanks infonya dari mas vavai :)

8 Balasan ke Epson LQ-2180 Driver for Linux

  1. adrian mengatakan:

    alo linux-bro

    gw ade mslh ini ama printer Epson LQ-2180. kalo print banyak hal, sllu overlapping. jd’a kalo pk continuos form jd ga pas. print’a sih bagus. cm hasil tiap halaman’a jd bergeser (turun).

    gw pk siply mepis (debian) and zenwalk (slackware) . all use cups.

    btw lo pk distro apa ya

    thx

  2. petrix mengatakan:

    alo andrian gue pake pclinuxos

  3. giar mengatakan:

    continuos form klo pake yang ukuran letter emang ngga pas. soalnya di driver ppd cuma ada 8.5×12 harusnya kan 8.5×11, coba aja edit file ppd nya trus tambah ukuran baru, liat aja ukuran2 yg dah ada trus copy edit deh.

  4. Jauhari mengatakan:

    Mantep mas, Download dulu..

    Driver ini support untuk print di kertas A3 ndak yaa?

  5. vavai mengatakan:

    Nggak ditulis sumbernya ah😀

  6. epson mengatakan:

    Mungkin ada baiknya nggak usah beli product dari vendor yang masih menganaktirikan Linux. Ada yang bilang, alasannya terlalu banyak distro sehingga sulit bagi vendor membat driver standar.

  7. arief mengatakan:

    saya memakai mandriva linux 2006
    saya ingin memakai printer LQ 2180 yang berada di komputer lain ( Komputer lain tersebut menggunakan windows sebagai OS nya), trus di mandriva mau ga mau saya harus install driver nya LQ 2180 itu, yang mau saya tanyakan adalah:
    1. apakah bisa pake driver ini ya?
    2. kemaren saya ada install dengan driver di linux tersebut dan terdapat LQ 24 dan LQ 850, yang saya lihat di internet katanya bisa menggunakan LQ 850, tetapi ternyata tidak bisa dan output yang keluar tidak bagus, apabila jika menggunakan Open Office di linux

  8. Jauhari mengatakan:

    Mas gima cara seting untuk kertas A3nya?

    salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: