Ngoprek!!!


Kata ngoprek sering keluar dari mulut para pencinta open source, terutama para geek. Gue sendiri masih bingung apa sih sebenarnya kata ngoperk itu? Mungkin karena gue ini masih dapat dikategorikan seorang newbie dalam dunia open source, Linux pada khususnya.
Dalam tulisan kali ini gue akan mencoba menjelaskan arti kata dari ngorek menurut kacamata (he..he..he.. kebetulan gue ini pake kacamata juga) seorang open source newbie.
Ngoprek bisa berarti mengutak-atik aplikasi open source. Bisa itu sistem operasinya itu sendiri atau aplikasi open source yang banyak bertebaran di dunia maya ini. Biasanya mereka mencoba untuk memodifikasi sourcenya atau hanya sekedar melihat-lihat dan mempelajarinya saja.


Apakah harus seorang yang ingin mencoba untuk mengoprek bisa pemograman? Ya, sebaiknya harus bisa atau minimal bisa mengerti apa maksud dan tujuan dari source tersebut. Tapi kalo masih belum mengerti bahasa pemograman yang digunakan oleh source code tersebut, ya jangan diutak-atik.
Berarti ngoprek itu masih mainan para geek donk? Enggak juga. Dalam dunia open source siapa saja bebas untuk mengopreknya, dengan syarat harus mau menanggung semua resikonya. Apa sih resikonya? Bisa aja sistem dari OS yang kita gunakan jadi kacau atau hanya aplikasi yang kita oprek source codenya itu enggak bisa bekerja dengan semestinya. Kalo misalnya aplikasi yang kita oprek source codenya itu enggak jalan, bagaimana? Kalo aplikasinya jadi error, ya cari tau sendiri bagaimana jalan pemecahannya, He..he..he.. Gue enggak becanda lo )
Tapi jangan takut kok. Dengan terus berusaha dan belajar maka bisa gue jamin ilmu programing elo bisa bertambah. Kalo enggak juga ya, tinggal tidur aja.
Selain itu ngoprek bisa juga mencoba mengutak-atik OS kita supaya dapat bekerja sesuai yang kita inginkan. Misalnya kalo elo pake distro Linux yang rada “gokil” buat newbie, seperti Slackware yang terkenal dengan nyaris semua konfigurasi sistemnya manual. Nah Slackware elo ini mau dijadikan web server atau mail server. Jangan harap elo bisa menggunakan tool YAST (SuSE) atau MandrakeConf yang serba mudah untuk mengkonfigurasi Linux elo supaya jadi web server dan mail server (bahkan lengkap dengan firewall).

Yang ada elo harus ngoprek dulu file-file configurasinya. Bagaimana misalnya udah gue utak-atik tapi web server atau mail servernya masih enggak mau jalan atau error? Ya begadang sampe pagi buat cari tau! Makanya jangan pernah remehkan file-file bantuan yang bisanya sudah terinstall di dalamnya. Kalo mau pinter ya banyak baca file manual atau how-to. Syukur kalo punya temen yang bisa membantu, lah kalo enggak? Jangan tidur dulu sebelum nemuin pemecahannya, he..he..he.. nah kalo ini gue baru becanda )
Terus apa hikmahnya dari ngoprek itu? Yang pasti setelah elo bisa menemukan jalan pemecahan dari masalah yang elo hadapi. Gue jamin elo akan menjadi lebih pintar dari sebelumnya. Bahkan bisa juga dari hobi ngoprek tersebut elo bisa menemukan security hole distro yang elo pake dan bisa memperbaikinya. Setelah elo perbaiki trus kirim deh ke komunitas. Kalo udah begitu minimal elo sudah mulai beranjak dari tingkat newbie menjadi oldbie dan mudah-mudahan bisa naik ke geek. Kira-kira lama enggak bisa menjadi seperti itu? Tergantung bagaimana anda menyikapinya )
Mau tau indahnya menggunakan Linux dan aplikasi open source lainnya (termasuk keluarga *BSD)? Kalo elo mengoprek source code yang ada di dalamnya secara manual. Tanpa menggunakan tools yang dapat mempermudahnya. Ah nyusain hidup gue aja? Mungkin, tapi hanya untuk sementara. Apalagi kalo elo misalnya benar-benar tertarik denga dunia open source, gue rasa enggak ada masalah apabila harus berhadapan dengan konsole. Bahkan bekerja di konsole akan jauh mempermudah pekerjaan elo, tapi juga dapat mempersulit hidup anda )

Satu Balasan ke Ngoprek!!!

  1. sunarto mengatakan:

    Mas
    Gimana caranya install aplikasi yg ndak ada di pclinuxos 0.9 x? misalnya webmin.
    lewat synaptic kalo gak salah hanya bisa liat yg sdh terinstal plus update
    saya dah coba pake konsol #rpm -ivh webminxxx ENTER tapi gak muncul comment apa2
    (sori katrok banget nih)
    gimana solusinya

    thanks sunarto_pwt[at]yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: