Tips: Mempercepat Startup dan Performa OpenOffice hingga 10 Kali Lipat


Anda pengguna aplikasi perkantoran OpenOffice? Kini hampir semua distribusi Linux mayor alias yang besar-besar selalu menyertakan aplikasi yang satu ini dalam setiap rilisnya. Selain gratis dari biaya lisensi, OpenOffice juga terkenal karena fitur-fiturnya yang lengkap dan kompatibilitasnya yang tinggi tak kalah dengan aplikasi sejenis yang berbayar.

Meski demikian tak jarang banyak pengguna yang berkeluh kesah karena merasa aplikasi OpenOfficenya kurang responsif. Mulai dari waktu startup lambat hingga proses pengunaan yang terasa berat. Nah kali ini redaksi akan membagikan “rahasia” bagaimana meningkatkan performa dari OpenOffice hinggal 10 kali lipat. 10 kali lipat disini adalah perhitungan kasar. Dalam artian misal sebelum di “oprek” waktu startup OpenOffice Write menghabiskan 10 detik. Nah setelah dioprek ternyata hanya perlu waktu 1 detik. Jadi hasilnya adalah 1:10🙂 Adapun syarat agar cara ini berjalan mulus adalah komputer memiliki memori minimum 196MB.


Gambar 01.
Tweaking memori OpenOffice🙂

Caranya mudah sekali. Jalankan salah satu aplikasi OpenOffice, semisal Write. Selanjutnya klik menu Tools > Option > Memory. Selanjutnya edit pada variabel yang tersedia sehingga nilainya menjadi seperti tampak pada Gambar.01. Untuk hasil optimal pastikan pilihan “Enable systray Quickstarter” Anda aktifkan. Fitur ini nantinya ditandai dengan hadirnya logo openoffice di pojok taskbar dekat jam komputer linux Anda.

Selanjutnya klik “OK” dan restart OpenOffice Anda.

Selamat Mencoba! Ditunggu hasilnya .. dan semoga resep ini tokcer

2 Balasan ke Tips: Mempercepat Startup dan Performa OpenOffice hingga 10 Kali Lipat

  1. Agus Suhanto mengatakan:

    hai, senang bertemu Anda melalui blog ini sy Agus Suhanto, tulisan yg oke🙂 … salam kenal yaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: